Tuesday, April 23, 2013

5 Tips Memilih Furniture dengan Design Minimalis

Tips Memilih Furniture Set Minimalis
Furniture Set Minimalis
Makin banyak orang memilih furniture dengan disain minimalis dengan berbagai alasan. Pertama modernisasi yang terjadi di berbagai bidang turut mempengaruhi bidang arsitektur rumah atau ruang. Gaya hidup yang cenderung simple dan praktis juga berperan saat mendesign ruang dan memilih furniture. Area rumah yang juga cenderung makin sempit juga menuntut kehati-hatian kita dalam memilih furniture.

Furniture klasik yang cenderung berukuran besar dengan banyak ornament sudah tentu kurang pas diletakkan di ruangan dengan area terbatas karena akan membuat ruangan tampak makin sempit. Memilik hal di atas, tak heran bila kita makin mudah menemukan aneka furniture bergaya minimalis ditawarkan di toko. Sekalipun demikian anda tetap perlu menyimak tips memilih furniture dengan design minimalis untuk mendapatkan furniture yang benar-benar sesuai dengan ruang yang ada di rumah anda.

1) Ukur dengan tepat area ruangan di rumah anda
Hasil pengukuran ini akan membantu anda memilih furniture dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai anda membawa pulang furniture yang ternyata tak muat diletakkan di ruangan tersebut hanya karena anda mengira-ngira ukuran ruang yang tersedia. Ukuran yang kurang sesuai juga akan membuat ruangan tampak sesak.

2) Cermati design ruang secara keseluruhan
Anda perlu memperhatikan warna dinding atau lantai agar dapat memilih warna furniture yang serasi untuk ruangan anda. Jangan memilih warna yang terlalu ramai dan pilih warna dengan nuansa yang berdekatan. Hindari pula furniture dengan banyak corak atau berwarna-warni. Membawa foto ruangan juga dapat membantu anda saat memilih furniture di toko. Cara ini juga memudahkan anda saat berdiskusi dengan tenaga professional yang dapat anda mintai saran untuk memilih produk yang tepat.

3) Pilih furniture sesuai kebutuhan anda
Ingat kita mengaplikasikan design minimalis, jadi terlalu banyak furniture bertentangan dengan ide tersebut. Gunakan rak pajangan yang simple untuk menggantikan peran buffet. Pilih furniture yang memiliki multi fungsi, seperti meja yang didesign memiliki laci-laci di bawahnya sebagai area penyimpanan barang-barang anda.

4) Pilih furniture yang bergaya simple dan elegan
Anda harus memilih furniture dengan design sederhana, ramping, dengan sedikit atau tanpa ornament. Kesan elegan dapat anda peroleh dari furniture yang berbahan aluminium yang dipadu dengan kaca. Warna hitam atau coklat dari furniture berbahan kayu yang memberi kesan kokoh juga layak anda pertimbangkan.

5) Pilih furniture dengan detail khusus
Anda dapat memilih rak yang dilengkapi roda untuk ruang keluarga atau dapur karena selain berfungsi sebagai tempat menyimpan barang, anda leluasa memindahkannya sesuai kebutuhan. Meja lipat juga akan menghemat banyak tempat karena dapat dibuka-tutup sesuai kebutuhan.

Pastikan anda selalu mengingat konsep dasar design modern minimalis yaitu praktis, sederhana, fungsional, dan mudah dirawat. Untuk hasil optimal hati-hatilah saat memilih produk. Luangkan cukup waktu untuk membandingkan beberapa produk atau meminta saran dari tenaga profesional. Setidaknya pengetahuan anda tentang konsep modern minimalis telah bertambah setelah menyimak tips memilih furniture dengan design minimalis di atas.

1 comment: