Sunday, April 21, 2013

Tips Merawat dan Menyalakan Genset (Generator Set)

Tips Merawat dan Menyalakan Genset
Tips Merawat dan Menyalakan Genset
Setelah genset anda terpasang, tips merawat dan menyalakan genset jadi agenda wajib yang harus dilakukan secara teratur agar peralatan ini dapat berfungsi dengan baik dan aman saat diperlukan. Saat tidak dibutuhkan banyak orang yang mengabaikan perawatan rutin akibatnya genset rawan menimbulkan masalah pada waktu akan dioperasikan di kemudian hari.

Potensi masalah yang sering timbul akibat genset yang lama tidak digunakan adalah tersumbatnya selang bahan bakar. Bila lama tak digunakan bahan bakar baik bensin maupun solar akan menimbulkan endapan dalam tangki dan selanjutnya menimbulkan sumbatan pada selang, sehingga genset akan ngadat saat akan digunakan. Oli atau bahan pelumas dalam mesin juga bisa mengendap dan menyulitkan anda saat akan menyalakan genset.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada genset (generator set) anda, berikut tips merawat dan menyalakan genset:

1) Tempatkan Genset di Ruangan Terbuka
Saat beroperasi genset (generator set) menghasilkan gas CO (karbon monoksida) yang berbahaya bila terhirup oleh kita, jadi jangan mengoperasikan genset di dalam ruang tertutup.

2) Beri Dudukan/Alas yang Kokoh
Alas ini bertujuan meredam getaran yang muncul saat genset dinyalakan. Alas dari karet ideal untuk meredam getaran ini. Kebisingan suara yang timbul saat genset dinyalakan adalah sekitar 70-80 desibel. Bila getarannya tak diredam, kebisingan yang timbul akan bertambah.

3) Sistem Grounding/Pembumian
Sistem instalasi listrik jenis ini akan membuang kelebihan arus listrik dari medan magnet secara sempurna ke bumi.

4) Posisi Saklar MCB saat listrik dari PLN menyala
Posisinya harus dalam keadaan “off” (posisi 0), agar tidak terjadi tabrakan arus antara listrik dari genset dan listrik dari PLN.

5) Perhatikan Petunjuk Pengoperasian Genset
Peringatan dan Prosedur pengoperasian biasanya tertera paga badan genset. Pastikan anda menyalakan genset sesuai petunjuk yang tersedia.

6) Gunakan Genset sesuai Kapasitasnya
Jangan berikan beban melebihi kapasitas genset yang anda miliki. Saat genset anda operasikan, nyalakan peralatan listrik yang membutuhkan daya lebih besar terlebih dahulu baru kemudian yang kecil-kecil.

7) Nyalakan secara Rutin
Saat tidak dibutuhkan anda tetap perlu menyalakan genset secara rutin 1-2 minggu sekali untuk melancarkan aliran bahan bakar dan pelumasan dalam genset.

8) Cek Genset secara Berkala
Kencangkan baut-baut yang kendor. Periksa Oli dan air radiator (bila ada). Pastikan anda selalu menyediakan bahan bakar ditempat terpisah yang tertutup dengan rapat.

9) Lindungi Genset dengan Baik
Saat tak digunakan jangan meletakkan genset di tempat terbuka. Tempatkan di lokasi yang terlindung atau bungkus rapat dengan plastik pelindung yang sesuai.

Investasi yang anda lakukan dengan membeli genset hanya akan membuahkan hasil maksimal bila anda tak lalai mengikuti tips merawat dan menyalakan genset dengan benar.

No comments:

Post a Comment