Saturday, April 20, 2013

Tips Mengecat Ulang Pagar Rumah Anda

Tips Mengecat Ulang Pagar
Mengecat Ulang Pagar
Jangan remehkan tips mengecat ulang pagar karena bagian ini adalah elemen yang terlihat langsung oleh siapapun yang datang ke rumah kita. Penampilan yang tak terawat, kusam, banyak cat yang terkelupas, ataupun berkarat akan sangat mempengaruhi penampilan rumah kita. Tentunya kita ingin tamu-tamu kita disambut denagn pagar yang cantik dan terawat terutama di saat istimewa seperti Hari Raya.

Cara yang paling ampuh untuk mempercantik penampilan pagar rumah anda adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Sebenarnya pengecatan ulang termasuk standar perawatan pagar yang harus kita lakukan secara berkala karena pada dasarnya pagar memang perlu dicat ulang untuk menghindari timbulnya karat. Mari simak tips mengecat ulang pagar rumah berikut ini:

1)Bersihkan Pagar dengan Seksama
Pagar harus dibersihkan dari kotoran, debu, atau minyak yang menempel sebelum dicat ulang. Anda bisa menyikat pagar atau mengamplas “ringan” untuk membersihkannya. Lebih baik lagi jika pagar dibersihkan dari cat lamanya. Cat lama bisa dibersihkan dengan cara dikerok menggunakan kape atau dengan aplikasi “paint remover” (bahan kimia khusus untuk mengelupas cat lama). Gunakan sarung tangan saat mengoleskan paint remover karena zat ini tergolong bahan kimia yang bersifat keras.

2)Hlangkan Karat yang Menempel
Gunakan amplas untuk membersihkan karat ringan. Tapi bila karat yang ada cukup banyak dan sulit hilang, anda dapat menggunakan bahan khusus penghilang karat. Sapukan larutan ini pada karat yang membandel maka tak lama kemudian karat berubah jadi keabu-abuan dan rontok.

3)Oleskan Meni sebagai pelapis dasar
Meni adalah cat dasar berwarna merah yang bisa anda aplikasikan 1-2 lapis sebelum memulai pengecatan ulang. Biasanya meni butuh waktu sekitar 30-60 menit untuk mengering. Tapi untuk hasil maksimal anda sebaiknya membiarkan meni selama sekitar 1 hari agar mengering dengan sempurna.

4)Amplas Meni dengan Seksama
Prosedur ini akan membuat permukaan pagar menjadi rata sehingga hasilnya lebih rata saat dicat ulang. Setelah diamplas, gunakan lap bersih untuk menghilangkan sisa-sisa meni.

5)Pilih Cat yang Sesuai
Saat ini anda dengan mudah mendapatkan cat dengan beraneka merek, warna, dan kualitas. Untuk pagar sebaiknya anda memilih cat yang dirancang khusus untuk menangkal pengaruh cuaca dan sinar matahari sehingga penampilannya dapat terjaga untuk jangka waktu yang relatif lama. Perhatikan keserasian warna cat pagar dengan cat rumah anda agar hasilnya maksimal. Banyak sarana yang dapat anda jadikan referensi seperti majalah atau tabloid tentang griya, internet, atau catalog warna dari produsen cat.

Sudahkah anda mempersiapkan diri mempercantik griya dengan mengecat ulang pagar rumah anda? Simak ulang artikel di atas dan ikuti tips mengecat ulang pagar rumah untuk mempercantik griya anda.

No comments:

Post a Comment